Journals Review
|
WAHYA IFFA LUBIS
P2C219070
DR.
MUSNAINI, SE, MM
JURNAL 1
No
|
Keterangan
|
Bahasan
|
|
1.
|
Judul
|
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA
SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo)
|
|
2.
|
Jounal
|
Jurnal Administrasi Bisnis
(JAB)
|
|
3.
|
Volume
|
Vol. 29 No.1 Desember 2015
|
|
4.
|
Tahun
|
2015
|
|
5.
|
Peneliti
|
Dimas
Hendika Wibowo
Zainul Arifin
Sunarti
|
|
6.
|
Tujuan Penelitian
|
Untuk mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk
meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan
strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Batik
Diajeng Solo.
|
|
7
|
Grand
theory
|
Strategi Pemasaran
|
|
8
|
Rumusan
Masalah
|
1
|
proses penetapan strategi pemasaran harus benar-benar
matang, sehingga strategi pemasaran yang dipilih akan mampu menembus pasar
yang lebih besar pada umkm batik diajeng solo.
|
9.
|
Metode Penelitian
|
Metode Penelitian yang
digunakan adala metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya
dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, dengan jenis penelitian studi
deskriptif.
|
|
10.
|
Objek penelitian
|
UMKM Batik Diajeng Solo
|
|
11
|
Hasil penelitian
|
Dalam memasarkan produknya,
Batik Diajeng Solo menggunakan strategi pemasaran berikut ini untuk
meningkatkan daya saing:
a. Segmentasi, dimana Batik
Diajeng Solo memiliki segmentasi secara khusus lebih memfokuskan kepada
konsumen usia muda (16-30 tahun) yang bertujuan untuk meningkatkan batik di
kalangan kawula muda.
b. Target pasar produk Batik
Diajeng Solo adalah konsumen batik seragam dan kombinasi bagi perusahaan, event organizer, pabrik, hotel,
instansi pemerintah maupun sekolah.
c. Posisi pasar Batik Diajeng
tetap memfokuskan menjadi allternatif utama produk batik, terutama batik
seragam dan kombinasi dengan memberikan kualitas produk yang baik.
d. Dari segi bauran pemasaran,
strategi pemasaran produk Batik Diajeng Solo adalah membuat produk sesuai
keinginan dan kebutuhan konsumen. Strategi harga yang dilakukan adalah
relatif lebih mahal dari harga batik yang beredar di pasaran karena bahan
yang berkualitas tinggi dan kreatifitas desain. Saat ini Batik Diajeng Solo
dalam melakukan strategi distribusi dengan melakukan penjualan langsung ke
konsumen secara online di www.batikdiajengsolo.com, sedangkan strategi
promosinya melalui internet marketing, sponsor acara dan pameran fashion.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Batik
Diajeng Solo sudah cukup efektif dalam memasarkan produknya, karena dilihat
dari peningkatan-peningkatan jumlah penjualan, Batik Diajeng Solo terus
mengembangkan produk dengan berbagai macam strategi untuk memasarkannya.
|
|
12.
|
Kelebihan penelitian
|
Penelitian ini memaparkan
penelitiannya secara jelas dengan data-data kualitatif yang bersifat
deskriptif. Sehingga dapat dipahami dengan mudah dan menjadikan acuan untuk
kedepannya dalam membentuk strategi pemasaran produk.
|
|
13.
|
Kekurangan penelitian
|
Pemaparan strategi pemasaran belum begitu detil
|
|
14.
|
Kesimpulan penelitian
|
1. Penelitian memberikan bukti bahwa
pentingnya pembuatan rencana strategi pemasaran yang matang guna meningkatkan
efektivitas penjualan produk
|
JURNAL
2
No
|
Keterangan
|
Bahasan
|
||||||||||
1.
|
Judul
|
ANALISIS
PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN
KINERJA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA)
|
||||||||||
2.
|
Journal
|
Jurnal Ekonomi Bisnis
|
||||||||||
3.
|
Volume
|
Vol. 04, No. 01pp. 6-10
|
||||||||||
4.
|
Tahun
|
2019
|
||||||||||
5.
|
Peneliti
|
Nanda
Tiandra1, Denny Hambali2, Nurasia1, Nadhira Rosalina2
|
||||||||||
6.
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk
menganalisis pengaruh
E-commerce terhadap peningkatan kinerja
UMKM.
|
||||||||||
7.
|
Hipotesis
|
1
|
|
|||||||||
8.
|
Metode Penelitian
|
Penelitian
ini merupakan penelitian Kuantitatif
dengan studi deskriptif.
|
||||||||||
9.
|
Objek Penelitian
|
UMKM yang memproduksi produk
lokal di Kabupaten Sumbawa.
|
||||||||||
10.
|
Hasil Penelitian
|
Menunjukan bahwa:
Sumber: Data
Diolah
Estimasi model
yang didapatkan dari
hasil uji regresi
yangditunjukkan pada Tabel 5.4adalah sebagai berikut:Y = 12.277+
0.275X1 + ε
·
Penggunaan
E-commerce tidak
berpangaruh signifikan terhadap kinerja
UMKM. Dilihat dari
estimasi model yang menunjukkan
bahwa tingkat signifikansi adalah sebesar 0.119
berada di atas
0.05. Meskipun UMKM mempunyai
kesempatan yang sama untuk menggunakan E-commercesebagai salah
satu alternatif untuk memaksimalkan kinerja.
Akan tetapi tidak
semua UMKM mempunyai kapabilitas dalam menggunakan dan memanfaatkan
E-commercesecara maksimal. Pengetahuan dan keahlian pengguna dapat menjadi
salah satu penyebab perbedaan kemampuan dalam mengoperasikan E-commerce. Sehingga
hal tersebut tidak terlalu
berpengaruh terhadap kinerja UMKM.
·
Walaupun
E-commerce tidak
mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kinerja UMKM,
akan tetapi kehadiran E-commerce menjadi
salah satu alternative pemasaran
yangdigunakan untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
UMKM dapat melakukan promosi dimana saja dan kapan saja selama selama
24 jam tanpa henti. Model transaksi
ini memungkinkan transaksi melewati batas-batas
wilayah dengan jauh
lebih mudah dengan biaya yang
efektif daripada perdagangan
yang bersifat tradisional.
|
||||||||||
11.
|
Kelebihan Penelitian
|
Penelitian
memberikan kontribusi untuk Kemajuan UMKM kedepannya. Di mana hasil
penelitian dapat menjadi acuan.
|
||||||||||
12.
|
Kekurangan Penelitian
|
Dalam hal ini objek penelitian terlalu general, tidak
fokus pada satu contoh umkm sehingga hanya dpat menjadi acuan secara garis
besar.
|
||||||||||
13
|
Kesimpulan
|
Penggunaan teknologi E-Commerce secara intensif
dapat meningkatkan daya saing serta meningkatkan efisiensi
rantai nilai bagi perusahaan, di mana E-commerce menawarkan berbagai
macam peluang bagi UMKM
tanpa harus mengeluarkan biaya
lebih untuk meningkatkan efisiensi kerja baik efisiensi tenaga kerja
ataupun efisiensi waktu.
|
Sumber:
http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jebi/article/view/259/234
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172
Peneliti
|
Persamaan
|
Perbedaan
|
Judul
|
Dimas Hendika
Wibowo
Zainul
Arifin
Sunarti
|
Dalam kedua penelitian ini sama-sama menganalisa
mengenai produk umkm yang dibahas dari segi strategi pemasarannya.
|
Penelitian yang pertama lebih fokus pada satu objek
penelitian sedangkan penelitian kedua membahas UMKM lokal Sumbawa secara
general.
Penelitian pertama disajikan dengan kualitatif dan yang
kedua dengan kuantitatif deskriptif.
|
ANALISIS
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik
Diajeng Solo)
|
Nanda
Tiandra1, Denny Hambali2, Nurasia1, Nadhira Rosalina2
|
ANALISIS PENGARUH
E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN
KINERJA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA)
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar